Kamis, 26 Januari 2012

MAKALAH TELAAH KURIKULUM PAI


                         MATA KULIAH                                                                            DOSEN
                         Telaah Kurikulum PAI                                                          SOHIRON.M .Pd.I




TUGAS TERSTRUKTUR


Makalah

TELAAH KURIKULUM PAI
MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH












oleh

DELI PEBIANDI


SEMESTER VII

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
 ( STAI ) DINIYAH PEKAN BARU
1433 / 2012
BAB I PENDAHULUAN

Fikih di madrasah aliyah disusun dengan harapan peserta didik mampu mengusai kompetensi yang telah diharapkan. Dalam penyusunan materi itu, banyak foktor – faktor yang dipertimbangkan baik berupa kemampuan siswa dalam menyerap materi itu ataupun media pembelajaran fikih.
Terjadinya pemahaman yang berbeda tentang fikih dimasyarakat merupakan sebuah tugas utama dari seorang guru untuk memberi jalan tengah bagi masyarakat agar tidak menjadikan persoalan fikih menjadi momok yang dapat membelah persatuan umat.




Kata pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat allah swy yang selalu melimpahkan karuniannya, shalawat serta salam untuk nabi Muhammad saw. terima kasih kami ucapkan terunutk dosen kami , bapak Sohiran, M.Pd.I. Yang telah memberikan bimbingan sehingga tercurahkan keilmuannya, kami berdoa semoga beliau diberi keberkahan umur dan ilmu. Kepda rekan – rekan kami ucapakan ribuan terima kasih atas bantunnya.
Sejalan dengan itu, kami bermkasud untuk menyelesaikan tugas mandiri inovasi pengembangan kurikulum. Mudah – mudahan makalah ini bermamfaat bagi kita semua.
Kami sadar dalam penulisan makalah ini masih banyak kekkurangan, oleh karena itu, kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan isi makalah ini kami sambut dengan senang hati.


                                                                                    Tapung,   Januari 2012

                                                     Penulis
































BAB II PEMBAHASAN

A.                STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA PELAJARAN FIKIH MADRASAH ALIYAH
Memahami dan menerapkan sumber hukum Islam dan hukum taklifi, prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam, fikih ibadah, mu'amalah, munakahat, mawaris, jinayah, siyasah, serta dasar-dasar istinbath dan kaidah usul fikih.

B.                TABEL STRUKTUR KURIKULUM  MADRASAH ALIYAH
1.      Kelas X
K o m p o n e n
Alokasi Waktu
Semester 1
Semester 2
 A.  Mata Pelajaran


      1.   Pendidikan Agama Islam


            a. Al-Qur'an-Hadis
2
2
            b. Akidah-Akhlak
2
2
            c. Fikih
2
2
            d. Sejarah Kebudayaan Islam
-
-
      2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
      3.   Bahasa Indonesia
4
4
      4.   Bahasa Arab
2
2
      5.   Bahasa Inggris
4
4
      6.   Matematika
4
4
      7.   Fisika
2
2
      8.   Biologi
2
2
      9.   Kimia
2
2
    10.   Sejarah
1
1
    11.   Geografi
1
1
    12.   Ekonomi
2
2
    13.   Sosiologi
2
2
    14.   Seni Budaya
2
2
    15.   Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
2
2
    16.   Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
    17.   Keterampilan/Bahasa Asing
2
2
 B.  Muatan Lokal *)
2
2
 C.  Pengembangan Diri **)
2
2
J u m l a h
46
46

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN FIKIH

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari fikih yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian fikih baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah, yang dilandasi oleh prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah usul fikih serta menggali tujuan dan hikmahnya, sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan untuk hidup bermasyarakat. Secara substansial, mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah bertujuan untuk:
1.      Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
2.      Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.


D.    RUANG LINGKUP

Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah meliputi : kajian tentang prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam; hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan cara pengelolaannya; hikmah kurban dan akikah; ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah; hukum Islam tentang kepemilikan; konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya; hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya; hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu beserta hikmahnya; hukum Islam tentang daman dan kafaalah beserta hikmahnya; riba, bank dan asuransi; ketentuan Islam tentang jinaayah, Huduud dan hikmahnya; ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya; hukum Islam tentang keluarga, waris; ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyah; sumber hukum Islam dan hukum taklifi; dasar-dasar istinbaath dalam fikih Islam; kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya.

E.           STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.         Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam
1.1     Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
1.2     Menjelaskan tujuan (maqashid) syari’at Islam
1.3     Menunjukkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah
1.4     Menerapkan cara berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah.

2.         Memahami hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya
2.1     Menjelaskan ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya
2.2     Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang zakat
2.3     Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat
2.4     Menerapkan cara pelaksanaan zakat sesuai ketentuan perundang-undangan

3.         Memahami hukum Islam tentang haji dan hikmahnya
3.1     Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji dan hikmahnya
3.2     Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang haji
3.3     Menunjukkan contoh penerapan ketentuan haji
3.4     Mempraktikkan pelaksanaan haji sesuai ketentuan perundang-undangan tentang haji

4.         Memahami hikmah kurban dan akikah
4.1     Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban dan hikmahnya
4.2     Menerapkan cara pelaksanaan kurban
4.3     Menjelaskan ketentuan akikah dan hikmahnya
4.4     Menerapkan cara pelaksanaan akikah

5.         Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
5.1     Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah
5.2     Memperagakan tatacara pengurusan jenazah



b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
6.         Memahami hukum Islam tentang kepemilikan
6.1     Mengidentifikasi aturan Islam tentang kepemilikan
6.2     Menjelaskan ketentuan Islam tentang akad
6.3     Memperagakan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
7.         Memahami konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya
7.1     Menjelaskan aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
7.2     Menjelaskan aturan Islam tentang khiyaar
7.3     Menjelaskan aturan Islam tentang musaaqah, muzaara’ah dan mukhaabarah serta hikmahnya
7.4     Menjelaskan aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
1.1  Menjelaskan aturan Islam tentang muraabahah, mudhaarabah, dan salam
1.2  Menerapkan cara jual beli, khiyaar, musaaqah, muzaara’ah, mukhaabarah, syirkah, muraabahah, mudhaarabah, dan salam
8.         Memahami hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
8.1     Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaf beserta hikmah pelaksanaannya
8.2     Menjelaskan ketentuan Islam tentang hibah dan hikmah pelaksanaannya
8.3     Menjelaskan ketentuan Islam tentang sadakah beserta hikmah pelaksanaannya
8.4     Menjelaskan ketentuan Islam tentang hadiah beserta hikmah pelaksanaannya
8.5     Menerapkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
9.         Memahami hukum Islam tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya
9.1     Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaalah dan hikmahnya
9.2     Menjelaskan ketentuan Islam tentang sulhu dan hikmahnya
9.3     Menerapkan cara wakaalah dan sulhu

10       Memahami hukum Islam tentang daman dan kafalah beserta hikmahnya
10.1    Menjelaskan ketentuan Islam tentang dlaman dan hikmahnya
10.2    Menjelaskan ketentuan Islam tentang kafaalah dan hikmahnya
10.3    Menerapkan cara dlaman dan kafalah
11       Memahami riba, bank, dan asuransi
11.1    Menjelaskan hukum riba, bank, dan asuransi
11.2    Menerapkan ketentuan Islam tentang riba, bank, dan asuransi

c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.        Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya
1.1       Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya
1.2       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishash dan hikmahnya
1.3       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat dan kafaarat beserta hikmahnya
1.4       Menunjukkan contoh-contoh qishash, diyaat dan kafaarat dalam hukum Islam
2.       Memahami ketentuan Islam tentang Huudud dan hikmahnya
2.1       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf beserta hikmahnya
2.2       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang minuman keras beserta hikmahnya
2.3       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang mencuri, menyamun dan merampok beserta hikmahnya
2.4       Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta hikmahnya
3.       Memahami ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya
3.1       Menjelaskan proses peradilan dalam Islam
3.2       Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan saksi dalam peradilan Islam


d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.      Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
1.1  Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya
1.2  Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia
1.3  Menjelaskan konsep Islam tentang talak, perceraian, iddah, ruju`, dan hikmahnya
1.4  Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan anak (hadhaanah)

2            Memahami hukum Islam tentang waris
2.1  Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam
2.2  Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
2.3  Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat



e. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.        Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah
1.1       Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilaafah)
1.2       Menjelaskan majelis syura dalam Islam
 
2. Memahami sumber hukum Islam
3.5  Menjelaskan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
3.6     Menunjukkan penerapan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama
3.7     Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan ijtihad

f. Kelas XII, Semester 2

1. Memahami hukum- hukum syar’i
1.1     Menjelaskan hukum taklifi dan   penerapannya dalam Islam
1.2  Menjelaskan hukum wadh’i dan penerapannya dalam Islam
1.3     Menjelaskan mahkum bihi (fihi)
1.4     Menjelaskan mahkum ’alaih
2.        Memahami kaidah-
        kaidah usul fikih
2.1       Menjelaskan macam-macam kaidah usul fikih
2.2       Menerapkan macam-macam kaidah usul fikih







VI.  SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah/Madrash      : Aliyah NURUL HUDA
Mata Pelajaran         :  Fikih
Kelas/Semester           : X / 1 ( Ganjil )
Tahun pelajaran        : 2011 / 2012
   Standar                    Komptensi          
Komptensi  
        Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1.     Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam
1.1.  Mengidentifi-kasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
Prinsip ibadah dalam Islam
·     Siswa Mencari informasi tentang konsep ibadah dalam Islam
·     Siswa Merumuskan prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
·     Siswa Memecahkan masalah penyimpangan prinsip ibadah dalam kehidupan umat Islam
·         Mampu Menjelaskan konsep ibadah dalam Islam
·         Mampu Menjelaskan prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam
·         Mampu Menjelaskan prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah
·         Mampu Menjelaskan tujuan ibadah
·         Mampu Menjelaskan keterkaitan ibadah dengan budi pekerti
Tes tertulis





Isian


1 x 45’
§ Al-Qur’an dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku paket PAI kelas X
§ Buku Fiqih untuk Madrah Aliyah


1.2.  Menjelaskan tujuan (maqashid) syari’at Islam
tujuan (maqashid) syari’at Islam.
·    Mencari informasi tentang tujuan syari’at Islam yang dirumuskan oleh para ulama
·    Mendiskusikan tujuan syari’at Islam
·         Menjelaskan hifdz al-din
·         Menjelaskan hifdz al-nafs
·         Menjelaskan hifdz al-aql
·         Menjelaskan hifdz al-nasl
·         Menjelaskan hifdz al-mal
Tes tertulis





Isian


1 x 45’
§ Al-Qur’an dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku paket PAI kelas X
§ Buku Fiqih untuk Madrah Aliyah


1.3.  Menunjukkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
Berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·     Menjelaskan pengertian berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·     Mendiskusikan Berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at.

·         Menunjukkan contoh perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·         Mengidentifikasi perilaku orang yang tidak berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·         Membandingkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
Tes tertulis





Isian


1 x 45’
§ Al-Qur’an dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku paket PAI kelas X
§ Buku Fiqih untuk Madrah Aliyah


1.4.    Menerapkan cara  berpegang pada prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at.
Penerapan prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at
·     Membuat perbandingan perilaku ibadah yang didasarkan pada prinsip-prinsip ibadah dan yang tidak pada prinsip-prinsip ibadah
·         Mengoreksi praktek ibadah dalam masyarakat berdasarkan prinsip-prinsip ibadah dan syari’at Islam
·         Menyesuaikan prinsip-prinsip ibadah dan tujuan syari’at Islam dalam masyarakat
Tes tertulis





Uraian singkat

1 x 45’
§ Al-Qur’an dan terjemahan Fikih Islam
§ Buku paket PAI kelas X








ANALISA
Jika kita lihat standar kompetnsi kelulusan yaitu  memahami dan menerapkan sumber hukum islam dan hukum taklifi, prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam islam, fikih ibadah, mu'amalah, munakahat, mawaris, jinayah, siyasah, serta dasar-dasar istinbath dan kaidah usul fikih. Maka silabus yang disusun memiliki kekurangan yaitu dari pembelajaran yang dimana silabus disusun berdasarkan hasil kerja siswa semata tampa ada penjelasan dari guru pebimbing. Sementara itu dalam fikih perlu adanya referensi dan arahan guru agar siswa tidak terjerumus dalam perselisihan fikih.


1 komentar:

  1. assalamualaikum, sangat bermanfaat, saya mau tanya, yang struktur kurikulum itu kan ada alokasi waktu, angka-angka yang dibawahnnya itu apa ya? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus